Welcome to myblog mr-fahmi.blogspot.com

RESUME ABOUT WIRELESS

Selasa, 10 Desember 20130 komentar

DEFINISI WIRELESS
Wireless ialah  suatu jaringan tanpa  kabel dimana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR),  untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh penggunadalam area disekitarnya.
.





JENIS WIRELESSS-JENIS WIRELESS
1. Wireless Wide Area Networks (WWAN)
Teknologi WWAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara.
2. Wireless Metropolitan Area Networks (WMAN)
Teknologi WMAN memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan (contohnya, antara gedung yang berbeda-beda dalam suatu kota atau pada kampus universitas).
3. Wireless Local Area Networks (WLAN)
Teknologi WLAN membolehkan pengguna untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya lokal (contohnya, dalam lingkungan gedung kantor, gedung kampus atau pada area publik, seperti bandara atau kafe
4. Wireless Personal Area Networks (WPAN)
Teknologi WPAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS

REGULASI MENGENAI PENGUNAAN WIRELESS
§  Penggunaan frekuensi BWA yang berbasis eksklusif dengan penerapan Izin Pita Frekuensi dan hak/kewajiban dalam zona wilayah layanan BWA pada pita frekuensi: 300 MHz, 1.5 GHz, 2 GHz, 3.3 GHz dan 10.5 GHz. Khusus pita frekuensi 2.5 GHz dengan pertimbangan adanya pengguna frekuensi eksisting dan potensi teknologi (LTE, Mobile Wimax, IMT) maka kebijakan pemerintah atas pita BWA 2.5 GHz masih perlu dilakukan kajian.
§  Penggunaan frekuensi BWA yang berbasis non eksklusif (shared basis) dengan penerapan Izin ISR dan Izin Kelas yaitu pada pita frekuensi: 2.4 GHz, 5.2 GHz, 5.8 GHz.

FUNGSI WIRELESS
Secara umum wireless memiliki fungsi menghubungkan dua atau lebih peralatan dengan menggunakan media gelombang radio. atau dapat juga di artikan sebagai pengganti kabel.

KEUNGGULAN WIRELESS :
§      Mobilitas (Bisa digunakan kapan saja.)
§      Proses pemasangan cepat. Tidak perlu menggunakan kabel.
§      Fleksibilitas Tempat / Bisa menjangkau tempat yang tidak mungkin dijangkau kabel.
§      Pengurangan anggaran biaya
§      Jangkauan luas

PERALATAN (DEVICE)
Antena
Antenna berfungsi sebagai penyebar frequensi radio.
Coaxial Cable.
Penggunaan coaxial cable berguna sebagai penghubung antara antenna dengan pci card wireless atau radio wireless.
Pig tail
alat ini berfungsi sebagai conversi interface pada wireless card ke dalam bentuk BNC connector yang dihubungkan dengan coaxial cable.
Wireless card.
Perangkat ini lah yang merupakan komponen utama dari infrastruktur suatu perangkat Wi-Fi. sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan nirkabel 
RouterBoard
perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda
Adaptor dan POE
Adaptor POE merupakan komponen yang berfungsi dalam memberikan supply power untuk routerboard.
BOX Radio
Box radio merupakan komponen package yang diperlukan dalam instalasi wireless
Access Point
Access point di pasang untuk mendukung penggunaan wireless pada jaringan WLAN ( Wireless Local Area Network ).

MIKROTIK WIRELESS
Ø Scanner Tool Mikrotik
scanner berfungsi untuk melakukan scan dengan memperlihatkan Access point mana saja yang aktif di sekitar perangkat. Scanner akan menampilkan informasi dari AP disekeliling Mikrotik secara detail mulai dari Mac Address, SSID, Band, Frequensi, Sinyal, SNR, Radio Name, sampai versi RouterOS nya (jika perangkat itu Mikrotik
Ø Frequency Usage Tool Mikrotik
berfungsi untuk melakukan scanning penggunaan frekuensi disekitar perangkat mikrotik. Frequency Usage akan menampilkan beban penggunaan masing-masing frekuensi apakah banyak digunakan apa sepi pengguna. Sehingga kita dapat menentukan frekuensi mana yang tidak terlalu ramai penggunanya untuk mengurangi interferensi
Ø Snooper Tool Mikrotik
Dengan snooper ini kita bisa mengetahui load dan besar traffic tiap frequensi dengan informasi yang lebih mendetail. Snooper dapat menampilkan info Access Point, jumlah Station dan Client nya, sinyal, serta masing-masing bandwidth nya.



Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | FAHMI | FA | Pusat Promosi
Copyright © 2011. FROM FAHMI - All Rights Reserved
Template Created by FROM FAHMI Modify by FROM FAHMI
Proudly powered by Blogger