Welcome to myblog mr-fahmi.blogspot.com

PERBEDAAN WEB 1.0 , 2.0 & 3.0

Rabu, 12 Maret 20140 komentar


Assalamualaikum ,kembali saya akan sedikit sharing , itung – itung menambah referensi , kali ini saya akan mengajak anda untuk  mengenal dan memahami perbedaan antara web 1.0 , 2.0 dan 3.0 dengan disertai contoh alamat site nya , mari kita simak bersama .

Web 1.0
Dirancang untuk mengakses infromasi yang interaksinya  hanya satu arah dan memiliki sifat Read , penggunaanya sebagai media informasi hanya menampilkan suatu informasi dimana penggunanya hanya dapat membaca saja informasi yang ada didalamnya. Karena aktifitasnya hanya sebatas searching sehingga memiliki keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.
Contohnya : http://mp3.com/ , http://www.akamai.com/ , http://www.evite.com/

Web 2.0
Merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan tentunya AJAX.
Web 2.0 mempunyai keuntungan dimana pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus memasuki terlebih dahulu alamat situs yang bersangkutan.
Adanya interaksi dua arah yang menyebabkan terbentuknya jejaring sosial dan ajang sharing , dengan menggunakan dukungan AJAX atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet.
Contoh : http://spreadsheets.google.com. (program sejenis MS Excel)
Youtube.com , Friendster.com, , facebook.com dan jejaring sosial lainnya.

Web 3.0
Web 3.0 merupakan perkembangan teknologi website yang semakin canggih. Dimana perkembangan generasi dari layanan berbasis internet yang semakin cerdas.Web 3.0 mempunyai kemampuan interaksi didalamnya menyediakan apa yang kita butuhkan dengan bisa memberi saran atau nasihat .
Dalam Web 3.0 ini terjadi sebuah titik pertemuan antara Teknologi Informasi  dengan alat Telekomunikasi.
Dan standar yang paling penting untuk web 3.0 adalah XML, XML Schema , RDF OWL dan SPARQL.
Contoh web 3.0 :  search engine seperti  Google (http://www.google.co.id.).


Sekian , semoga bermanfaat ..
Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | FAHMI | FA | Pusat Promosi
Copyright © 2011. FROM FAHMI - All Rights Reserved
Template Created by FROM FAHMI Modify by FROM FAHMI
Proudly powered by Blogger