Welcome to myblog mr-fahmi.blogspot.com

PENGAMANAN E-MAIL DAN WEB

Senin, 08 Desember 20141komentar

PENGAMANAN E-MAIL DAN WEB


A.   PENGAMANAN E-MAIL
Konsep Dasar Keamanan E mail
Saat ini email menjadi sarana komunikasi yang semakin banyak digunakan. Di negara maju, email bahkan sudah menjadi komunikasi utama di kantor atau antara pelanggan dan nasabahnya. Pemberitahuan rapat dan segala hal yang menyangkut urusan kantor menjadi sangat praktis dengan menggunakan email. Bahkan ada bannk yang menggunakan email sebagai komunikasi utama untuk menyampaikan tagihan kartu kredit atau komunikasi penting lainnya.
Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut, maka sebagai pengguna harus benar-benar memperhatikan faktor keamanan emailnya. Tulisan ini membahas faktor keamanan email dari sisi pengguna email. Beberapa tahun terakhir ini kasus pembajakan email sangat marak terjadi. Banyak korban yang dirugikan bahkan secara finansial, karena email yang dibajak dipergunakan untuk menipu orang lain dengan berbagai modus. Banyak kerugian lainnya yang diderita akibat pembajakan eccount email seseorang.
Untuk dapat mengantisipasi pembajakan email maka kita harus mengetahui modus yang digunakan seseorang untuk mendapatkan username dan password kita. Umumnya account email disalahgunakan oleh orang lain karena kelalaian dari pemilik account tersebut.
Beberapa aspek keamanan yang perlu menjadi perhatian dalam pengiriman e-mail antara lain:
o   Confidentiality, yaitu menjamin kerahasiaan pesan sehingga hanya orang yang berhak yang dapat membacanya.
o   Message Integrity, yaitu menjamin integritas pesan bahwa pesan tidak akan mengalami perubahan selama proses pengiriman.
o   Non repudiation, yaitu memberikan bukti dan jaminan bahwa pesan tersebut memang benar berasal dari si pengirim pesan sehingga tidak bisa disangkal lagi bahwa ia pernah mengirim pesan tersebut.
o   Authentication, yaitu menjamin keautentikan pesan bahwa pesan tersebut memang benar dari si pengirim pesan dan penerima pesan juga memang benar penerima yang dimaksud oleh si pengirim bukan orang lain.

Serangan pada e-mail
Beberapa jenis serangan yang bisa terjadi pada e-mail antara lain:
a.   Disadap
Potensi penyadapan ini dapat terjadi karena pengiriman email menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transport Protocol) yang tidak menggunakan enkripsi. Jika kita berada pada satu jaringan yang sama denganorang yang mengirim email, atau yang dilaluioleh email, maka kita bisa menyadap email dengan memantau port 25,yaitu port yang digunakan oleh SMTP.

Agar email aman dari penyadapan maka ada bebrapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
ü  Penggunaan enkripsi untuk mengacak isi dari email. Header dari email tetap tidak dapat dienkripsi karena nanti akan membingungkan MTA.
ü  Menggunakan program (tools) yang dapat mempermudah atau mengotomasi ini semua. Contoh: Pretty Good Privacy (PGP), GnuPG, dan PEM.

b.   Dipalsukan
Pada prinsipnya koneksi email awalnya memudahkan membuat email palsu
dengan membuat header sesuka kita, sehingga perlu adanya pengecekan header email untuk mengetahui asal email dan bisa juga menggunakan teknologi digital signature. 
Cara untuk melindungi kita dari email palsu adalah dengan melihat header dari email. Perhatikan tempat-tempat yang dilalui oleh email tersebut

c.   Disusupi virus
Sebuah virus e-mail berupa kode komputer dikirimkan sebagai lampiran catatan e-mail yang, jika diaktifkan, akan menyebabkan beberapa efek yang tidak dikehendaki dan biasanya berbahaya, seperti menghancurkan file tertentu pada hard disk dan
menyebabkan lampiran yang akan remailed untuk semua orang dalam buku alamat.

Solusi untuk mengurangi dampak terhadap penyusupan virus adalah :
ü  menggunakan anti-virus dengan data (signature) yang terbaru. Program anti-virus ini harus diperbaharui secara berkala.
ü  Pengamanan lain adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap virus pada level mail server.

d.   Spamming
Spam adalah email yang tidak diminta oleh pengguna (unsolicitied email) yang di kirim ke banyak orang. Contoh email yang berisi spam adalah : iklan, undian, informasi palsu, phishing, penipuan, dan lain sebagainya.
Berikut adalah beberapa pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi spam :
ü  Pergunakan Software anti-spam, Spam Assassin. Namun, software tersebut tidak dapat menjamin email box anda terbebas dari email spam secara keseluruhan.
ü  Customer disarankan menggunakan SMTP dari ISP tempat anda melakukan koneksi ke Internet. Karena dengan menggunakan SMTP ISP maka email akan lebih cepat terkirim dibandingkan dengan menggunakan SMTP server IndoSite, karena routingnya lebih pendek. http://www.indosite.com/tutorials/pengertian-e-mail-spam-dan-pencegahannya/

e.   Mail bomb
Email Bomb merupakan istilah untuk email yang dipergunakan untuk melumpuhkan komputer yang terhubung ke Internet, bahkan seluruh jaringan komputer perusahaan dapat dilumpuhkan dengan Email Bomb ini. Metode paling sederhana dari email bomb ini adalah dengan mengirimkan sejumlah besar email berukuran besar ke alamat email korban.
Proteksi terhadap mailbomb adalah :
ü  Pembatasan  quota email dari pengguna, misalnya dibatasi 20 MBytes, sehingga jika dia kena mailbomb tidak mengganggu pengguna lainnya.
ü  Menjalankan program yang mendeteksi mailbomb. Program ini menganalisa isi email (dengan menggunakan checksum) dan membandingkan dengan email-email sebelumnya. Jika email sama persis dengan email sebelumnya maka email ini dapat dihilangkan. Namun kinerja program khusus ini masih dipertanyakan, khususnya untuk server mail yang banyak menerima email.

f.    Mail relay
Mail relay Adalah fasilitas untuk mengirimkan email dengan menumpangkan kepada server yang di sebut relay. Server
tersebutlah yang nantinya mengirimkan email ke alamat tujuan. Fasilitas ini digunakan untuk mengurangi beban dari workstation atau PC untuk mengirimkan email dengan melakukan sentralisasi pengiriman email. Akan tetapi sayangnya fasilitas ini sering diabuse untuk mengirimkan junk mail, yang disebut spamming, dengan menumpang mail server milik orang lain. Akibat dari tumpangan ini, mail server tersebut menjadi terbebani dan dijadikan tempat untuk meluncurkan spamming. Agar sistem anda tidak ditumpangi oleh orang-orang yang tidak berhak menggunakan mail server anda, maka anda harus mengkonfigurasi mail server sehingga tidak boleh dijadikan relay oleh orang lain (kecuali oleh user). 

Paket pengamanan e-mail
a.     PGP (Pretty Good Privacy)
PGP merupakan program komputer yang sering dipakai dalam proses kriptografi dan autentikasi pengiriman data komputer. PGP pertama diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Philip Zimmermann untuk menyandikan data dalam pengiriman surat elektronik. Dalam proses penyandian data ini, PGP mengikuti standar RFC 4880.
Dalam bidang kriptografi, selain PGP, terdapat metode penyandian enkripsi dan dekripsi yang lain seperti: DES, AES, RSA, dan lain lainnya.
Enkripsi PGP menggunakan kombinasi seri dari hash, kompresi data, kriptografi kunci-simetris, dan kriptografi kunci-umum; setiap langkah menggunakan sebuah algoritma. Setiap kunci umum terikat dengan nama pengguna atau alamat surat elektronik.
b.    Privacy Enhanced E-mail (PEM)
PEM adalah adalah standar Internet yang menyediakan untuk pertukaran informasi yang aman dari surat elektronik. PEM mempekerjakan berbagai teknik kriptografi untuk memungkinkan kerahasiaan, otentikasi pengirim, dan integritas pesan. Aspek integritas pesan memungkinkan pengguna untuk memastikan bahwa pesan belum diubah selama transportasi dari pengirim. Otentikasi pengirim memungkinkan pengguna untuk memverifikasi bahwa pesan PEM bahwa mereka telah menerima benar-benar dari orang yang mengaku telah mengirim itu. Fitur kerahasiaan memungkinkan pesan yang akan dirahasiakan dari orang-orang kepada siapa pesan itu tidak dibahas.


B.   KEAMANAN WEB
Konsep dasar kemanan web
Keamanan web, sangat erat kaitannya dengan jaringan, karena untuk mengakses sebuah website pasti dibutuhkan koneksi jaringan. Saat ini sangat pesat sekali perkembangan teknologi website, jaringan dan bermacam ancaman keamanan yang dihadapi, seperti ancaman terhadap kerahasiaan yang sering dihadapi adalah hacker, Masquerader,virus virus dari internet maupun dari media transfer data seperti flasdisk, hardisk eksternal, melalui jaringan LAN, download file tanpa proteksi, Trojan horse, Aktifitas user yang tidak terotorisasi dan masih banyak lagi ancaman keamanan yang kadang tidak kita sadari.
Keamanan suatu website atau web security systems merupakan salah satu prioritas yang sangat utama bagi seorang webmaster.
Tetapi kebanyakan para webmaster hanya mengutamakan design dan topik apa yang harus disediakan supaya menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.
Padahal jika seorang webmaster mengabaikan keamanan suatu website, maka yang dirugikan adalah webmaster itu sendiri karena seorang hacker dapat mengambil data-data penting pada suatu website dan bahkan pula dapat mengacak-acak tampilan website(deface) tersebut.

Serangan terhadap web
Berikut adalah beberapa metode yang biasa sering digunakan para hacker untuk menyerang suatu website:
a.   Remote File Inklusi (RFI)
Metode yang memanfaatkan kelemahan script PHP include(), include_once(), require(), require_once() yang variabel nya tidak dideklarasikan dengan sempurna. Dengan RFI seorang attacker dapat menginclude kan file yang berada di luar server yang bersangkutan.
Salah satu tehnik paling aman bagi seorang administrator adalah selalu memperhatikan usaha-usaha infiltrasi dan usaha eksploitasi lokal. Gunakan firewall guna mencegah penyusupan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan memperhatikan port-port server yang sedang terbuka.

b.    Local File Inclusion (LFI)
Metode yang memanfaatkan kelemahan script PHP include(), include_once(), require(), require_once() yang variabel nya tidak dideklarasikan dengan sempurna.
Dengan LFI seorang attacker dapat menginclude kan file yang berada di dalam server yang bersangkutan.

c.    SQL injection
SQL Injection adalah kode injeksi teknik yang memanfaatkan kelemahan keamanan yang terjadi pada lapisan aplikasi database. kerentanan ini hadir ketika masukan pengguna tidak benar baik disaring untuk menghindari karakter string literal tertanam dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak kuat diketik dan dengan demikian tak terduga dieksekusi. Ini adalah sebuah instance dari kelas yang lebih umum dari kerentanan yang dapat terjadi kapan pun salah satu bahasa pemrograman atau script yang tertanam di dalam yang lain. serangan injeksi SQL juga dikenal sebagai serangan penyisipan SQL.

d.    Cross Site Scripting (XSS)
Cross-site scripting (XSS) adalah jenis kerentanan keamanan komputer biasanya ditemukan di aplikasi web yang memungkinkan penyerang berbahaya untuk menyuntik script sisi klien ke dalam halaman web dilihat oleh pengguna lain.
lubang Cross-site scripting adalah kelemahan aplikasi web yang memungkinkan penyerang untuk mem-bypass mekanisme klien-sisi keamanan biasanya dikenakan pada konten web oleh browser modern. Dengan mencari cara suntik script jahat ke dalam halaman web, penyerang bisa mendapatkan hak akses diangkat ke konten halaman sensitif, cookie sesi, dan berbagai informasi lainnya yang dikelola oleh browser atas nama pengguna. serangan Cross-site scripting Oleh karena itu kasus khusus injeksi kode.

XSS data diatasi dengan menggunakan Open Source Libraries mengenai pencegahan XSS attack seperti PHP AntiXSS, HTML Purifier ,  xssprotect , XSS HTML Filter

Paket keamanan web
a.    SSL (Secure Sockets Layer)
Sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape untuk komunikasi dokumen yang membutuhkan privasi melalui Internet. SSL menggunakan suatu sistem enkripsi yang menggunakan dua kunci untuk melakukan enkripsi data.
SSL terdiri dari 4 jenis, yaitu:
·      SSL web server certificate with EV
     SSL jenis ini digunakan bila pengunjung harus input data sensitif seperti credit cards, PIN number, dst yang membutuhkan keamanan ekstra. Bila menggunakan SSL jenis ini, address bar pada browser akan berwarna hijau dan menunjukan nama ogranisasi bersangkutang yang telah diverifikasi.
·      SSL web server certificates
     SSL jenis ini digunakan bila pengunjung harus log in atau sign in. SSL jenis ini menggunakan enkripsi sekuat SSL web server certificate with EV namun tidak adanya warna hijau pada address bar browser.
·         SGC SuperCerts
     SSL ini digunakan untuk kompatibilitas browser lama. Jika pengunjung menggunakan browser lama, atau cara lain untuk mengunjungi suatu website, maka SSL jenis ini cocok untuk diterapkan di browser tersebut, karena SSL jenis ini memungkinkan kompatibilitas browser lama untuk enkripsi 128 atau 256 bit.
·         SSL 123 Certificate
     SSL ini digunakan untuk komunikasi internal dan intranet private. SSL ini melakukan enkripsi unutk pegawai dan user di dalamnya. Hanya nama domain yg diverifikasi.

b.    IDS (Intrusion Detection System)
Intrusion Detection System digunakan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan. Intrusion adalah aktivitas tidak sah atau tidak diinginkan yang mengganggu konfidensialitas, integritas dan atau ketersediaan dari informasi yang terdapat di sebuah sistem. IDS akan memonitor lalu lintas data pada sebuah jaringan atau mengambil data dari berkas log. IDS akan menganalisa dan dengan algoritma tertentu akan memutuskan untuk memberi peringatan kepada seorang administrator jaringan atau tidak

c.    IPS (Intrusion Prevention System)
Intrusion Prevention System (IPS) adalah sebuah aplikasi yang bekerja untuk monitoring traffic jaringan, mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, dan melakukan pencegahan dini terhadap intrusi atau kejadian yang dapat membuat jaringan menjadi berjalan tidak seperti sebagaimana mestinya. Bisa jadi karena adanya serangan dari luar, dan sebagainya.
Produk IPS sendiri dapat berupa perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software).Secara umum, ada dua jenis IPS, yaitu Host-based Intrusion Prevention System (HIPS) dan Network-based Intrusion Prevention System (NIPS).


Sumber :
http://blog.skerta.com/?p=504
http://www.ethic.ninja/2014/10/bagaimana-mengatasi-serangan-xss.html
http://lecturer.eepis-its.edu/~isbat/materikuliah/Modul%20Praktikum/Prak%20Keamanan%20Jaringan/revisi%202013/mail%20security.pdf
http://galasus.com/2013/10/masalah-yang-berhubungan-dengan-email.html
http://hacker-comunity.page.tl/Email-Bomb.htm
http://www.unpas.ac.id/keamanan-web/
http://www.sentranet.co.id/component/content/article/45-tips-a-trik/123-poin-poin-penting-dalam-keamanan-web.html
http://www.pasarhosting.com/informasi/knowledge-base/detail/page/1/back_to/kb-trial/content/secure-socket-layer-ssl/
http://id.wikipedia.org/wiki/PGP
http://www.csee.umbc.edu/~woodcock/cmsc482/proj1/pem.html
http://ecgalery.blogspot.com/2010/06/ids-intrusion-detection-system.html
http://rahedy.wordpress.com/2010/06/24/apakah-itrusion-prevention-system-ips/
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 April 2019 pukul 19.14

Gmn cara mengamankan email kita dr para hacker dan perentas IT mohon infonya

Posting Komentar
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | FAHMI | FA | Pusat Promosi
Copyright © 2011. FROM FAHMI - All Rights Reserved
Template Created by FROM FAHMI Modify by FROM FAHMI
Proudly powered by Blogger