Pada kesempatan kali ini saya akan membahas
tentang Mengenal Class, Object, Method, Attribute,
Constructor, Overloading , selain itu saya juga mencoba memberikan contoh
pengimplementasiannya , semoga menjadi bahan belajar bersama
Attributes
merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Contoh : pada Class Buah terdapat attribute : warna, rasa . Pada object mangga : warna berisi kuning dan rasa asam, pada object apel : warna berisi merah dan rasa manis
merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Contoh : pada Class Buah terdapat attribute : warna, rasa . Pada object mangga : warna berisi kuning dan rasa asam, pada object apel : warna berisi merah dan rasa manis
Class
adalah
struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Terdiri dari dua tipe
yaitu : field (attribute/property) dan method (behavior). Class digunakan untuk
mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan “referensi
objek (object reference)”
Object
Setiap
Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut "variabel"
(untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan
method (menjabarkan tingkah laku dari obyek) atau Obyek adalah = sebuah perangkat
lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan. Obyek merupakan sebuah
instance (keturunan) dari class. Variabel dan method diketahui sebagai Variable instance dan method instance.
METHOD
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
· Nama metode
· Tipe Objek atau tipe
primitive yang dikembalikan metode.
· Daftar parameter.
· Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama
mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama
metode tersebut = metode lain dalam program.
Constructor
constructor adalah suatu
method , yang namanya menyerupai nama class yg ditempati oleh constructor itu
sendiri. gunanya , untuk menginisialisasi jika class tersebut dijadikan object.
Sifat konstruktor :
·
Nama konstruktor sama dengan nama class
·
Tidak memiliki nilai
balik dan tidak boleh ada kata kunci
void
Overloading konstruktor
Overloading konstruktor
merupakan suatu mekanisme pembuatan konstruktor yang memiliki bentuk lebih dari
satu. Dalam hal ini pembeda antara satu konstruktor dengan konstruktor yang
lain berupa jumlah parameter atau tipe parameter
Overloading Method
Method overloading adalah
suatu cara untuk memberikan nama yang sama kepada dua method yang berbeda meski
dua method tersebut berada dalam class yang sama. Hal ini dapat dilakukan
dengan cara membedakan tipe parameter, jumlah parameter dan susunan parameter.
Berikut
contoh pengimplementasian Class, Method, Atribut, Constructor:
Outputnya
:
Contoh
pengimplementasian Overloading Constructor pada penghitungan Luas Bangun Datar
Outputnya
:
Contoh
pengimplementasian Overloading Method pada Operasi Matematika
Outputnya
:
Sekian
semoga bermanfaat , (1200631023)
+ komentar + 3 komentar
Artikelnya sgt membantu
Sangat bagus bagi pemula programer
Sangat membantu!!!
Terimakasih sangattt