Welcome to myblog mr-fahmi.blogspot.com

VIDEO MEMORY (VRAM)

Selasa, 20 Mei 20140 komentar

VIDEO MEMORY (VRAM)


Pengertian dan sejarah Video RAM
Video RAM, singkatan dari Video Random Access Memory, merupakan jenis solid state memori komputer yang membuat grafis warna seperti yang digunakan dalam video game dan antarmuka pengguna grafis lain. Diciptakan pada tahun 1980 oleh para peneliti di IBM, Video RAM dikomersialisasikan perusahaan teknologi pada tahun 1986 dalam sebuah adapter grafis resolusi tinggi untuk komputer pribadi. Sejak itu, teknologi VRAM berkembang menjadi perangkat elektronik seperti smart ponsel, video game, GPS, dan perangkat lain yang membutuhkan tampilan grafis warna kompleks dan citra 3-D

Bagaimana Video RAM Bekerja

Video RAM menyimpan gambar dan frame video yang telah diidentifikasi prosesor komputer sebagai konten layar. Setelah  menerima data dari DRAM, ia mulai mengkonversi file digital menjadi sinyal analog yang bisa ditafsirkan monitor komputer. Dalam sebagian besar sistem komputer, perangkat ini merupakan perangkat dual porting, yang memungkinkan mereka untuk mengubah konten layar dari sinyal digital menjadi sinyal analog sementara mereka masih bisa tetap memprogram data baru dari DRAM sebagai konten layar. Metode ini memungkinkan Video RAM sebagai perangkat untuk mengolah data lebih cepat sehingga tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia , VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbarui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM; hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

Jenis VRAM
a)    Synchronous Graphics RAM (SGRAM)
jenis RAM yang tersinkronisasi, maksudnya data dapat diubah dalam satu operasi  sebagai urutan membaca, menulis, dan memperbarui operasi. Hal ini memungkinkan latar belakang, depan, dan gambar yang akan mengisi layar dengan lebih efisien.
b)    Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
Perangkat ini dirancang oleh Rambus dan termasuk milik Rambus. Video editing pro chip ini dioptimalkan untuk streaming video.
c)    Window RAM (WRAM)
WRAM bekerja secara dual-porting, artinya memiliki bandwidth sekitar 25% lebih banyak daripada VRAM standar, yang bertujuan untuk mengurangi biaya.
d)    Multibank Dynamic RAM (MDRAM)
Ini juga merupakan VRAM kinerja tinggi, dikembangkan oleh MoSys yang membagi memori menjadi bagian-bagian sebesar 32 KB yang dapat diakses secara individual. Hal ini membuat transfer memori lebih efisien dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Keuntungan lain dari MDRAM adalah dapat diproduksi dengan jumlah memori yang tepat untuk suatu resolusi, sehingga lebih murah jika dibuat secara massal dibanding dengan jenis VRAM lainnya.


Cara melihat Video memory pada computer
1.    Klik Start + R pada Keyboard secara barsamaan (Run), ketiklah dxdiag pada RUN tersebut lalu tekan OK













2.    Pilih display pada Direct Diagnostic Tool Tersebut
jumlah VRAM nya bisa dilihat di Approx, Total Memory

















Aplikasi Video RAM
Video RAM memiliki aplikasi yang berbeda dan dapat ditemukan pada setiap perangkat layar elektronik yang terhubung ke unit pengolahan. Relitasnya Video RAM dapat menyimpan konten dari DRAM yang diidentifikasi prosesor komputer sebagai konten layar, tujuan utamanya adalah untuk mengkonversi file digital menjadi sinyal analog yang dapat ditampilkan pada monitor komputer.

Keuntungan Applikasi Video RAM
Video RAM ini menguntungkan karena memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat display seperti monitor dan proyektor. Video RAM juga bertanggung jawab untuk menyimpan konten layar, yang menurunkan beban kerja DRAM, yang memungkinkan prosesor komputer untuk menganalisis data lebih cepat dan berkonsentrasi pada fungsi-fungsi lain seperti mengambil data mentah bagi pengguna. Video RAM ganda porting ini menguntungkan karena dapat mengkonversi file digital menjadi sinyal analog untuk monitor sekaligus mengumpulkan data baru dari DRAM.


Sumber :



Rounded Rectangle: NAMA  :  M. RIZAL FAHMI
NIM  : 1200631023
KELAS : MI - A
 



Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | FAHMI | FA | Pusat Promosi
Copyright © 2011. FROM FAHMI - All Rights Reserved
Template Created by FROM FAHMI Modify by FROM FAHMI
Proudly powered by Blogger